Thursday, September 20, 2012

Ida Bagus "Kento Toyoda" Dwi Ambara, Talenta Asal Bali Di Jepang

Ida Bagus Dwi Ambara atau yang biasa kerap disapa Kento Toyoda merupakan pemain muda kelahiran Bali yang saat ini bermain di Japan Football League (JFL) Jepang.

(Courtesy: Yokogawa-Musashino.com)
Pemain kelahiran 3 Mei 1994 itu merupakan putra kedua dari pasangan Ida Bagus Putu Dirga dan Yuko Toyoda yang merupakan seorang wanita berwarga Negara Jepang.

Bakat dan talenta Kento di sepakbola telah terlihat sejak kecil, dimana untuk meningkatkan bakatnya itu ia kemudian berlatih di SSB Canggu, Bali Bintang, Udiyana Sanur, dan POR Sanur sebelum akhirnya terpilih dan bergabung dengan Perseden Denpasar U15 dan U18.

Pada awal tahun 2012, Kento kemudian memutuskan untuk meninggalkan Bali dan mencoba mengikuti seleksi di salah satu klub Jepang Yokogawa Musashino FC setelah dikabarkan oleh salah seorang rekannya.

(Kento Toyoda Saat Tengah Mengikuti Seleksi Di Jepang)
Lolos seleksi tahap pertama dimana dari 50 pemain yang ikut ambil bagian diambil 7 orang pemain termasuk dirinya, Kento kemudian kembali lolos di seleksi tahap kedua dimana pada saat itu dari total sebanyak 20 orang pemain, ia dan 9 orang pemain lainnya dinyatakan lolos seleksi.

Selain usaha keras yang ia perlihatkan selama seleksi, diakui Kento bahwa kemampuannya dalam berbahasa Jepang juga cukup mendukung usahanya dalam bermain di Jepang.

"Saya bersyukur bisa berbahasa Jepang," ujar pemain bertinggi 175 cm itu beberapa waktu lalu seperti dikutip di sebuah surat kabar lokal di Bali.

(Kento Saat Mengikuti Training Camp Bersama Yokogawa)
Setelah beberapa bulan mengikuti latihan bersama Yokogawa, Kento menyatakan ada beberapa perbedaan yang ia rasakan antara saat bermain sepakbola di Bali dan Jepang. Ia mengatakan bahwa latihan yang ia dapatkan di Jepang lebih berat dan disiplin.

Selain itu, ia juga senang bermain di Jepang dikarenakan lapangan yang digunakan merupakan rumput sintetis yang berbeda dibandingkan di Indonesia.

Saat ini Kento tengah menjalani masa recovery setelah menjalani operasi lutut akibat cedera yang ia dapatkan beberapa waktu lalu saat menjalani latihan bersama Yokogawa Musashino FC.

Profil Lengkap
Nama Lengkap : Ida Bagus Dwi Ambara
Tempat, Tanggal Lahir : Bali, 3 Mei 1994
Kewarganegaraan : Indonesia
Posisi : Pemain Tengah
Nomor Punggung : 30
Klub Saat Ini : Yokogawa Musashino FC (Jepang)
Klub Sebelumnya : Perseden Denpasar U18
Tinggi / Berat : 175 cm / 72 kg

1 comment: